Jumat, 03 Agustus 2007

ASP Ke MySQL

Pertama kali saya menjadikan diri saya sebagai pengguna ASP dengan rasa iri terhadap pengguna PHP yang bisa membuat dengan mudah koneksi ke MySQL. Well, tidak mengapa, karena semuanya hanya tool dan yang paling menentukan adalah si operator :D ... walau seperti sebelumnya saya adalah seorang novice yang rada advanced :) !

Untuk itu saya ingin mencari cara yang bisa dengan mudah digunakan untuk membuat koneksi dari ASP ke MySQL server. Kemudian saya mendapatkan bahwa dengan menggunakan ODBC saya bisa melakukan hal tersebut. Akan tetapi iri berubah menjadi marah lagi ketika tahu bahwa ODBC yang digunakan untuk koneksi ke MySQL versi terbaru belum dalam tahap untuk produksi !. Uh ... Tak apalah, ternyata untuk versi sebelumnya terdapat cara yang lain yang sudah dalam versi produksi. Namun sebelumnya saya harus lebih dahulu mencari tahu bagaimana koneksi tersebut dapat dilakukan. Oleh karena itu melalui pencarian yang berat di beberapa situs menggunakan google, saya mengetahui bahwa dengan perantara myODBC driver versi 3.51 saya bisa mendapatkan hal yang sama dengan para tetangga saya pengguna PHP. Untuk itu saya mendownload drivernya dari situs mySQL di http://www.mysql.com/downloads/api-myodbc-3.51.html, dan kemudian melakukan instalasi di komputer yang saya jadikan server. Kemudian pelajaran berlanjut dengan latihan membuat koneksi ke server menggunakan DSN dengan sebuah 'connection string'.

Ternyata mudah, saya tinggal mengalokasikan sebuah ADODB connection seperti yang dilakukan dengan MS Access (bagi yang sudah pernah).


set adoConn = Server.CreateObject("ADODB.Connection")




Lalu dilanjutkan dengan membuka sebuah koneksi dengan syntax string-nya menjadi:


adoConn.Open "DRIVER={MySQL ODBC 3.51 Driver}; SERVER=localhost; DATABASE=mysql; UID=root;PASSWORD=rahasia; OPTION=3"




Untuk mendapatkan hasil sebuah SQL query, saya tinggal membuat object recordsetnya dan mengambil hasil eksekusi query.


Set objRS = Server.CreateObject("ADODB.Recordset")
Set objRS = objConn.Execute("SELECT * FROM users")


Lalu melakukan looping untuk mendapatkan hasil masing-masing recordnya.


objRS.movefirst
do while not objRS.EOF
for each f in objRS.Fields
Response.Write(f.name & " = " & f.value & "<BR>")
next ' f
objRS.movenext
loop


Dan seperti yang harus dilakukan di setiap pembuatan object ...


Set objRS = nothing
Set objConn = nothing


Selebihnya adalah cerita lama :D ...

Thanks buat master web dan mas Andri Darmawan dari master web untuk resourcenya.

1 komentar:

Alya mengatakan...

makasih panduan koneksi mysql di ASPnya.